Salah satu tipe serangga yang cukup ditakuti oleh manusia yakni rayap, dikarenakan mereka akan menggerogoti kayu sehingga dapat merugikan bagi Anda. Serangga tersebut dapat dibilang sebagai hama serta biasanya akan membuat sarang-sarang didalalam tanah pada kedalaman tertentu, dengan jumlah yang amat banyak bahkan dapat mencapai ratusan ribu.

Rayap sendiri dapat digolongkan sebagai serangga sosial, yang tergolong pada ordo Isoptera yang dipimpin oleh seekor ratu pada tiap istana atau sarangnya, dan dapat bermetamorfosa sehingga dapat mempunyai sayap untuk terbang, serta lebih sering kali timbul dikala malam hari dan menyukai mendekati sinar lampu. Bila rayap sudah berubah dan memiliki sayap mereka lebih dikenal sebagai laron atau anai-anai, yang juga bisa dihasilkan sebagai indikator pergantian musim menjadi musim penghujan.

Rayap akan lebih merugikan Anda jika mereka membuat sarang didekat rumah atau didalam rumah, sebab seperti Anda ketahui bangunan rumah beberapa persen diantaranya yakni terbuat dari kayu seperti pintu, jendela, atap dan lain-lain, semacam itu juga dengan perabot rumah tangga seperti almari, tempat duduk, meja juga beberapa besar terbuat dari kayu. Bagian rumah dan perabotan seperti ini sewaktu-waktu bisa saja dimakan oleh segerobolan rayap sehingga lama-kelamaan akan membuat beberapa bangunan atau perabotan rumah tangga Anda menjadi rusak dan keropos.

Oleh sebab itu tak heran jika rayap atau orang bule menyebutnya sebagai white ant amat dibenci oleh manusia dan sudah sepatutnya untuk dibasmi apabila sudah meresahkan. Salah satu cara yang paling biasa mungkin dengan cara menyemprotnya dengan obat pembasmi serangga, Namun seperti Anda ketahui serangga ini hidupnya sering kali bersembunyi dicelah-celah yang amat sulit untuk dijangkau.

Anda bisa memanggil jasa basmi rayap apabila sarang rayap tersebut sulit dijangkau. Tetapi, ternyata ada sebuah solusi yang cukup sederhana yang dipercaya bisa diterapkan untuk mengusir gerombolan rayap yang bisa merugikan Anda. Sistem ini yakni dengan menerapkan air kapur sirih yang tentu saja mudah serta murah untuk bisa Anda temukan, dan caranya yakni cukup dengan menaburkan air kapur sirih hal yang demikian pada sekeliling sarang rayap, yang pada biasanya berupa gundukan tanah di pekarangan atau kebun Anda atau pada perabotan dan bagian rumah yang terbuat dari kayu dan diserang rayap.

Selain itu jika anda tak memiliki air kapur sirih, juga bisa menerapkan bahan lain yakni puntung rokok kaprah-kaprah 10 batang, kemudian rendam dengan air kaprah-kaprah 2 gelas dan ditambah dengan garam. Bila sudah biarkan kurang lebih satu hari kemudian saring dan semprotkan pada sarang rayap atau kayu yang diserang rayap hal yang demikian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *